PENISLILIN


PENISLILIN
Naskah monolog karya Dadi Pujiadi Reza

(KUBURAN. LAMPU SEMPRONG MENYALA DI BAWAH BALE)
SATRIO WELANG MUNCUL MEMAKAI SARUNG SAMBIL MEMBAWA BANTAL LUSUH.
Ketemu? Sudah? Lah, ditanya kok diam aja? Di sini mana mungkin ada? Ngapain pada kumpul-kumpul? Itu yang di pojok hati-hati kelewatan… kalau sudah nge… rasanya kayak naik sepur… ogah ber-he-he-he-nanti…
Sumi.. Sumi…
sipilissipilis rajasinga
ini kapsul kuat
tulang besi otot kawat
dijamin bersih
karena di sunat
lebih penting urat
daripada surat
semobil lewat
sesepur lewat
sekapal lewat…
Jangan tanya saya buat apa di sini… Siapa tak kenal Satrio Welang… nggak berani tanya khan? Mau gua stuut? Saya sudah keliling kemana-mana… nyari anu… Saya cari anu. Anu saya mana? Tempat itu memang harus digusur! Apa-apa di situ mahal. Malah bikin penyakitan lagi… tempat itu sudah sepantasnya digusur…
Lah? Saya lupa anu saya… di mana ya? Barangkali saya sudah terlalu banyak dosa. Halah! Apa tadi? Tentang tempat itu… ya, memang harus digusur… di sana juga ada musik loh… sudah dari kapan saya cari… awalnya saya baru sadar setelah saya datang ke situ… keseringan dikunjungi malah bikin hilang… absurd bukan? Nih, nih saya kasih tahu… ini rahasia…ah, nggak ah jadi mau malu… Ihh, malu ah!
Hah? Di situ? (PINDAH TEMPAT) di sini? Ke kiri lagi? Ke kiri lagi? (MELIHAT KE BAWAH. KECEWA) Iya, kemarin suara tangisnya kedengaran dari dalam sini… tapi saya ubek tetap nggak ada… sedikit ke kiri lagi? Anjrit! Udah, ah. Ngibul melulu luh! Ini bukan nisannya… pohon-pohonnya sudah sama tinggi… pohon beringin tempat saya nangis dulu udah ditebang buat perluasan ya?
LEWAT POCONGAN-POCONGAN BAYI. AWAN. IKAN-IKAN
Semua berawal dari observasi, setelah itu kenal Sumi, Sumi aborsi.
(MEMANGGIL) Kencur! Kencur! Umur 12 saya kenal mbok-mbok pedagang langkoas di pasar… terus lagi enak-enak tidur malah diketeki di dalam selimut sama Dwi, kakak si Slamet koreng…pernah dipantatin Udin tukang gorengan… dirayu Ani pembantu, Suka, Mamat, Luwek, Een,… wah banyak lagi deh… anjrit! Malah kecanduan! Rasanya badan pegel-pegel kalo nggak kena gituan… nggak mau nikah ah…mending pelihara burung… ikan… nangkepin cicak, cacing, kecoa… binatang pantasnya ngasih makan binatang…
Kesenian, puisi, acting, observasi… ya ke tempat wajib digusur itu, diwajibkan sama pemimpinnya ke sana… Cuma lihat-lihat. Ngamatin! Semua kena marah pemimpinnya gara-gara saya ketahuan main… mana tahan kucing di antara tumpukan tongkol… semua teman saya pulang, saya tetap bertahan… menclok sana, menclok sini… saya bintang bertaburan… Satrio Welang…Hohoho…
(NYANYI. NARI. HABIS ITU CIUM PIPI)
Cara salam para atasan kita bisa saja dipungut dari sini… katanya tempat kayak begini lebih dulu ada sebelum lahirnya para nabi…purba banget khan? Itu yang bikin saya makin suka…bye bye…bayarannya ketemu di jembatan...impas ya…salam sama Iril ya…
Setelah ini nggak tega saya ninggalin bakat merayu saya. Puisi biar ajalah… khan masih banyak yang mau lebih susah dari saya…pemimpin saya juga biar saja lah… mati aja luh… sutradara bisanya cuma marah doang… pantatnya kudisan… dia mau semua orang sama kaya dia… seperti dia… suka senewen dan main perintah… pantatnya korengan!
Observasi selesai… saya sudah mau beku di dalam kotak yang saya pilih… warnanya tergantung… namanya juga bisnis manusia, siapa yang tahu warnanya? Bisa berubah-ubah… Satrio Welang… buat saya yang sensitive dan sedikit emosional nggak nyaman rasanya ditolak, walau kadang cuma bersihin air seni pelanggan… di sini malah jadi aktor betulan… Sumi bilang Satrio Welang aktor juga… aktor: akal kotor… sebab sering nyatut bayarannya Sumi…si Sumi itu cerdas loh… dia dulu mahasiswa… tapi droup out gara-gara kecerdasannya itu… masa berani-beraninya Sumi mengkritik dosen-dosen yang sering datang terlambat, padahal dosennya ulang-alik naik sedan…he..he..he.. itu bukan cerita cerdasnya Sumi waktu kuliah dulu khan? Sumi itu sering dikirim ke luar negeri loh… yang lebih ketahuan bahwa Sumi itu cerdas ya ini… Sumi mancur-mancur pilih profesi jadi lonte… nah, cerdas khan Sumi? Lonte itu pekerjaan besik (basic)! Dasar! Dasar Sundel! (TERTAWA)
Ah, ngomongin si Sumi badan jadi pegel-pegel… Sumi di mana ya? Urut-urut Sumi bawa semua milik saya…Halah! Sayang saya nggak punya HP… mau cari Sumi kemana? Mau telpon asoy di tivi juga nggak bisa… masa nonton VCD bokep lagi? Bisa pinjam HP-nya mas? Mbak? Blacui! Nongkrong ah ke depan SD. Anak-anak kecil itu sekarang gantungan tas-nya HP lo… (MEMANGGIL) Sugeng… Sugeng… Kesini! Walah, malah lari… Aku mau HP-mu, aku bukan pedofil… Aku gigit lehermu nanti…
PAUSE
Ini bantalmu
Ini kepala bapak
Bayi-bayi pelacur di air kucuran…
Bayi bayi pelacur di pucuk dahan…
Bayi-bayi pelacur di atap awan…
Semua diaborsi sumi…
Semua mati bersama sumi…
Gusur! Gusur! Tempat itu memang harus digusur!
Guastuut! Balcui! Blacui!
Blacui!
Satrio Welang nih!
Halah! Sekali-kali nggak ingat Sumi kenapa sih!
SUARA GEMURUH GEDUNG RUNTUH. SUARA TANGIS BAYI. LEWAT GEROMBOLAN AWAN, POCONGAN BAYI DAN IKAN-IKAN. SATRIO WELANG MENANGIS.
Itu Sumi, bayi saya dan makanannya… cinta butuh hati bayi dan makanan loh… seperti cinta saya pada Sumi… makanan jiwa-raga… buat bayinya... saya tidak takut apa-apa… saya tidak takut wajahnya tidak mirip wajah saya…atau kakinya cacat karena polio atau jarinya delapan kayak bebek… masa bodo…saya cinta Sumi apa adanya. Saya peluk dia… saya masukkan ke dalam jiwa saya… tapi dia lari lagi ke sana…saya diamkan! Saya tahu bahwa itu memang hidupnya, pekerjaannya…saya suka dangdutan sendiri di dalam selimut kalo Sumi berhari-hari nggak pulang… saya terima! Saya tetap melindungi Sumi… Saya tetap laki-laki yang aman buat Sumi… saya bayar cinta dengan segala pengertian sebagai budak…hingga suatu ketika saya diberitahu Sumi hamil. Saya ikhlas… saya rela merawat anak orang lain yang dikandung Sumi… buat saya selamanya Sumi tetap perawan… saya terima, si Sumi mau tidur dengan saya setelah Sumi mengandung anak orang lain…saya melawan hati setengah mati setengah hidup sampai akhirnya hati saya tunduk, bahwa saya hidup cuma untuk Sumi… berdegup buat Sumi… toh, akhirnya Sumi menaikkan derajat saya dengan memberikan cintanya, tapi dengan syarat: kandungannya harus ia aborsi!
Jangan! Jangan! Saya cinta kamu apa adanya… daging di dalam perutmu itu adalah asbab dari tuhan untukku! Asbab kesadaran bahwa saya punya jawaban dari pertanyaaan siapa bapak bayi itu? Ya saya. Orang yang mencintai ibunya… tapi malah Sumi yang marah… ini bukan anakmu! Ini bukan anakmu! Sumi takut anaknya jadi nanah! Saya sudah yakinkan bahwa rahimnya pasti bersih, buktinya Sumi bisa hamil? Iya khan? Tapi alasannya lagi-lagi itu bukan anakku! (GEMES) Sumi…Itu bukan orang lain! Itu dirimu sendiri! Itu harta tiada bandingnya… (TERIAK) Sumi! Sumi!
TIBA-TIBA MARAH
Sumi ini kuntilanak! Sumi ini bangsat! (HISTERIS) Sumi…
MENANGIS
Jangan bunuh bayi kita… jangan bunuh bayi saya…
PAUSE. TIDURAN
Sekarang Sumi sudah dikerubutin belatung… ingin rasanya saya ikut mati, tapi saya pikir-pikir tak perlulah… saya kepingin semua orang tahu kisah Sumi… kalo saya ikut mati siapa dong yang ngisahin cerita ini?
KAGET
Apa? Sudah ketemu? Sudah! Ini di bawah! Ya ini! Bukan, bukan yang itu… saya yakin ini… saya kenal gundukannya… ini kuburnya… si Sati TBC sama Imran yang mati ditusuk preman ngamuk juga dikubur di sini khan?
TERTAWA
Di dalam orang mati kayak tinggal di rusun… bertumpuk…
Sumi.. Sumi
sipilissipilis rajasinga
si Sumi nolak bayi
Sumi, Sumi, aborsi
Sumi Sumi
Sumi sudah pergi
Sumi Sumi
Gara-gara aborsi
Sumi Sumi
Anu saya kau bawa mati…
SATRIO WELANG MENGELUARKAN JURUS-JURUS ANDALANNYA. LALU MENGAMUK SENDIRI….
Belum selesai…
Denpasar, 23 Nov 2006 - …..


Dadi Pujiadi Reza
* Sekarang masih bergiat di Teater Populer Jakarta, sempat singgah di Bali dari tahun 2003 hingga 2007 dan membina teater La Jose SMAK Santo Josep Denpasar. Mendirikan Teater LAH Denpasar pada tahun 2005.


0 Response to "PENISLILIN"